sang garuda cantik berhijab syar’i



                                                                 CUPLIKAN NOVEL

penulis : aden jatra

namaku jannah hal yang selalu membuatku sedih adalah saat aku menatap lambang garuda yang gagah perkasa karena aku mengingat sejarah perjuangan Indonesia yang sangat mengharuhkan , aku sangat suka dengan pelajaran sejarah karena sejarah menurutku adalah
sebuah peninggalan kisah yang sangat menarik untuk di bahas. aku terlahir dari keluarga yang sederhana ,sejak kecil aku selalu di didik dengan ayahku ,didikan ayahku ingin menjadikan aku perempuan yang sholeh dan bermanfaat bagi nusa dan bangsa ,maklum aku adalah anak tunggal dan satu satunya karena saat melahirkanku ibuku meninggal dunia, dan aku sangat bersukur punya ayah yang masih setia dengan ibuku karena sejak kematian ibuku dia tidak menikah lagi.

ayahku adalah seorang direktur dari perusahaan yang di buat oleh kakek ku .walaupun aku tergolong orang yang mampu namun aku takpernah di ajarkan foya foya ,aku tak mengenal fashion,trend ,model gaya dan lain sebagainya seperti teman temanku ,yang aku kenal adalah hijab kesayanganku yang selalu aku pakai di saat aku beraktifitas , aku tinggal hanya berdua dengan ayahku aku tak menyewa pembantu karena kata ayahku jika kita masih sanggup mengerjakanya kenapa harus memminta bantuan orang lain ,pekerjaan rumah aku selalu kerjakan dengan baik dan dengan rasa senang karena islam mengatakan jadikanlah rumahmu sebagai surgamu di dunia .

kegiatan pagiku adalah berbelanja untuk memasak ,biasanya aku naik akutan umum untuk kesana, kegiatan lainya di hari minggu aku selalu membantu fakir miskin dan orang tak mampu kegiatan ini saya lakukan sejak kecil dengan ayahku jadi hingga besar aku selalu melakukanya dengan senang hati. soal asmara aku tak mengenal kata pacaran karena kata ayahku jodoh sudah ada yang mengetur pasti suatu saat akan datang dengan sendirinya ,hanya saja aku harus menata diri , karena perempuan yang baik akan mendapatkan laki laki yang baik juga .hari kesukaanku adalah hari minggu di saat aku membantu meringankan beban orang lain yang selalu membuatku bersyukur dalam menjalani hidup.

hari minggu tiba ,aku berjalan di jalan raya ,dengan menatap kota dan gedung gedung yang sangat penuh dengan polusi udara , tiba tiba aku melihat sesosok anak kecil yang sedang meminta minta dengan wajah kusam,baju sedikit robek di bagian pundak dan dengan celana pendek kumuh yang penuh noda ,aku mencoba menghampirinya dangan senyum dan memanggilnya , setelah saya panggil ternyata dia langsung menghampiriku dengan dengan ringikan memminta belas kasih kepada ku ,aku langsung terharuh dengan mata yang berkaca kaca namun aku tak boleh menangis karena aku tak boleh menyontohkan untuk menangsi ,aku pegang tangan anak itu dan ku bawa ke tempat teduh karena sangat panas dan terik.

ya Allah begitu malangnya nasib anak ini ,saat saya ajak bicara tidak sedikitpun guratan senyum di wajahnya ,mungkin karena kehidupanya yang memaksanya seperti ini, tak bisa tertahan lagi air mataku akhirnya meneteskan juga dan langsung saya basuh dengan tangan ku aku berfikir,apakah ini sebuah kemerdekaan ,yang merasakan kemerdekaan hanya orang orang yang mampu namun tidak dengan anak ini , dia selalu menderita ,bahkan untuk makanpun sangat sulit , masa masa kecil yang seharusnya ceria dan gembira dengan bermain ini dia habiskan berjalan di terik mata hari yang sangat panas,.aku mencoba mengajak bicara namun jawabanya terpata pata ,sepertinya dia sangat lapar ,ya Allah kuatkan hati ku untuk tidak menangsi di depanya ,namu karna manusiawi aku kembali meneteskan air mata ,apa kelian tega makan dengan 1 potong ayam yang sangat lezat ,sedangkan di luar sana ada saudara kita yang 24 jam tidak makan bahkan usianya masih kecil yang seharusnya iya hidup dengan keceriaan, tak lama dan aku masih memegang tangan sebelah kanannya aku Tanya kembali ,” nama adek siapa “ dan dia menjawab dengan datar namaku zakal “ tidak menunggu lama aku langsung mengajak dia makan di lestoran padang di dekat sana ,dan aku pesankan porsi lengkap ikan dan sayuran yang sehat .

nah dek sekarang adek makan ya ,pasti adek laper ? dia langsung makan dengan sedikit senyum datar di wajahnya ,aku sungguh terharuh dan lagi lagi aku harus meneteskan air mata ,andaikan saja orang orang yang mampu tidak buta hati pasti tidak akan banyak terjadi seperti ini , aku heran kenapa orang orang yang kaya harta hanya bisa menghamburkan uang untuk kebutuhan ber foya foya ,apakah mereka tidak jenuh menjadi orang yang tidak bermanfaat di negaranya sendiri ,atau mungkin orang yang kaya sudah tidak memiliki mata ,melihat namu tetap berpura pura tak melihat. setelah makan aku langsung mengajaknya keluar dan kebetuan ada tukang es cream datang. aku beli 2 es cream satu untuk ku dan satu untuknya ,”ini dek kk belikan es cream di makan ya”
tak beberapa lama es cream di tanganya habis ,dan dia berkata “ kak ini namanya apa enak kak manis “ lagi lagi aku menangis dengan pertanyaan tersebut, bahkan air mataku keluar lebih banyak  ,aku langsung memeluk dan mencium pipinya sambil berkata “ ini namanya es cream dek ( sambil aku menangis ) “ kenapa kk menangis” “gak papa dek mata kk pedas tadi kena asap jadi pedih “ dengan muka polosnya dia angkat tanganya dan membasuh air mata di pipi ku , ya Allah dia bahkan tidak tau es cream , masih tersisa satu es cream di tangan ku ,aku langsung berikan kepadanya “ ini dek masih ada satu lagi di makan ya “” kk gak makan ini “ “ sudah kk tadi sudah makan di rumah “

karna hari sudah mulai sore aku langung belikan dia baju ,di toko baju anak ,karena saya melihat bajunya sudah robek , sore pun tiba aku melihanya tersenyum dengan membawa baju pilihanya ,ya ALLah aku sangat bahagia hari ini ,karna aku masih bisa melihat keceriaan yang tak akan pernah aku lupakan. karena hari mulai sore aku langsung pulang dengan memakai angkutan umum ,sesampainya di rumah aku di sambut dengan ayah ku yang sudah pulang ,aku langsung berlari dan memeluknya dengan erat ,dan aku berkata “ ayah jangan tinggalkan aku I love you ayah.

pelajaran hari ini mengajarkanku akan artinya bersukur ,karena Allah maha adil ,buat temen temen janganlah pernah ragu untuk bersedekah karena ALLAH akan membalasnya berlipat lipat gandan. sekian perjalanan janah hari ini.

                                                                       bersambung

Comments